News.acecc.com – (Bireuen, 26/12/2022). Beberaha hari lalu, sekelompok dosen dan mahasiswa Universitas Almuslim (Umuslim) menjalankan Focus group discussion (FGD) sebagai bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat (PkM) yang merupakan juga implementasi program hibah Insentif Pengabdian Masyarakat Terintegrasi untuk Merdeka Belajar Kampus Merdeka, demikian informasi yang diterima media ini dari Ketua Tim Pengabdi Dr Sri Wahyuni, SE., M.Si (Senin, 26/12/2022).

“Ya, alhamdulilah Kampus Umuslim diberikan hibah ini yang merupakan satu-satunya Universitas di lingkungan LLDIKTI XIII. Kami berharap program ini akan mendukung pencapaian kinerja IKU Umuslim”, sebut Sri.

Kegiatan yang dilaksanakn di kampus Ampon Chiek Peusangan Umuslim ini dilakasanakan pada 17 Desember 2022, bertemakan Pengembangan Aplikasi Pelayanan Digital ini, jelas Sri, adalah sebagai sarana Peningkatan Pendapatan Pengusaha UMKM Bidang Retail.  Dan hal ini kami realisasikan pada masyarakat di Gampong Keude Matangglumpangdua Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen.

Foto: Tim PkM Umuslim, 22 Des 2022

Para peserta itu sendiri, pelaku UMKM retail sebagai mitra yang ditunjuk oleh desa, yaitu toko Raisa dan toko Andalas. “sebagai informasi tambahan, setelah FGD dan penyesuaian aplikasi, maka akan dilakukan pelatihan penggunaan aplikasi bagi mitra, dengan melibatkan pihak desa, UMKM, dosen, dan mahasiswa yang keterlibatannya dalam kegiatan ini akan dikonversi sebagai mata kuliah” tambah Sri yang saat ini juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi Umuslim.

Dalam mengaplikasi programnya, yakni aplikasi penjualan digital dikembangkan oleh anggota tim dari dosen Fakultas Ilmu Komputer di kampus tersebut, dibawah tanggung jawab, sebut pengabdi lainnya Dedy Armiady, M.Kom. “…. Ya, kami dari Tim PkM, suda membekali semua kebutuhan mitra untuk kemudian dilakukan penyesuaian terhadap aplikasi sesuai dengan kebutuhan mitra ini dikembangkan oleh beberapa dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer nantinya”, sebut Dedy.

Sementara itu Wakil Rektor I Umuslim yang juga sebagai anggota Tim pengabdi, Dr Halus Satriwan, M.Si menambahkan: “Alhamdulillah semua agenda yang diprogramkan dalam PkM Tim Dosen Umuslim ini mendapat tanggapan positif. Ada beberapa masukan dari mitra terkait, akan kita ditindaklanjuti demi keberlangsungan program”.

“Sedangkan pengembangan aplikasi selanjutnya akan dilakukan sebagai implementasi Kerjasama Kecamatan Peusangan dan Universitas Almuslim, melalui program penelitian mahasiswa, dosen, dan berbagai program akademik dan non-akademik lainnya, jelas Halus, yang juga dosen Fakultas Pertanian (Wk).

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *